Catatan dari kampus Ganesha #1

Posted By Darlin on Mar 19, 2012 | 3:14 AM

Setahun lebih menjadi mahasiswa ITB, bergaul dan berinteraksi dengan mahasiwa-mahasiswanya yang cerdas memberiku banyak bahan renungan. Renungan yang sering berakhir dengan helaan nafas panjang, sebagai ekspresi sedih yang kurasakan. Sedih karena kita tidak sehebat mereka.., sedih karena kita tidak sepopuler mereka…, sedih karena kita kerdil dibanding mereka.

Kita kerdil karena mereka memiliki banyak kelebihan yang belum kita miliki. Saat kita masih berpikir tentang Indonesia mereka sudah berpikir tentang dunia.., saat kita masih berpikir tentang OSN, mereka sudah berpikir tentang ISOC…, saat kita masih berpikir tentang PIMNAS mereka sudah berpikir tentang ISPC. Semua tentang mereka…, tentang kelebihan mereka …, tentang nama besar mereka.., layak menjadikan kita sedih, iri, dan berkecil hati...!!!

Tapi apa faedahnya sikap seperti itu..., membiarkan diri terkurung sebagai manusia kerdil yang hanya bisa pasrah..??

Bukankah kita sama diciptakan sebagai manusia, diberikan akal dan kehendak untuk berbuat..? lalu kenapa kita tidak berhendak, bermimpi lalu berbuat.., meraih apa yang mereka raih, bahkan melebihinya!!?

Sejenak, aku berusaha melawan rasa sedihku dengan memunculkan pertanyaan-pertanyaan yang telah kupastikan jawabannya hanya satu dan tidak ada jawaban lain.., yakni “mungkin, bahkan sangat mungkin, jika kita mau memulainya..!!”


******** 

Rekan-rekan alumni dan mahasiswa Kimia UIN…
Keluh kesah di atas adalah awal tulisan panjang ini. Tulisan yang akan mengajak kita untuk menginstropeksi diri, mengurai satu-persatu kesalahan dan kekurangan yang kita miliki, lalu memberinya solusi, dan menjadikannya sebagai pemicu untuk berbuat, meraih impian kita, impian kampus ini, dan impian umat ini..!!

Harus diakui diantara sedikit kelebihan, kita memiliki banyak kekurangan. Kekurangan yang masih mengait kaki kita, mengikat tangan kita, dan mencengkram tubuh kita. Kita tidak mungkin berlari kencang tanpa berlepas darinya.

Kekurangan-kekurangan tersebut akan tuliskan dan jelaskan satu-persatu. Kekurangan yang tidak saya temukan pada mahasiswa kimia ITB, tapi menjadi hal biasa bagi mahasiswa Kimia UIN. Sengaja saya batasi pada mahasiswa, karena tulisan ini berdasarkan pengalaman saya sebagai mahasiswa di dua kampus tersebut. Mudah-mudahan tidak terkesan menggurui apalagi menghina…, diterima saja sebagai nasehat…, agar memberi jalan kebaikan….^^

Kekurangan atau lebih tepatnya kesalahan mahasiswa kimia UIN yang saya maksud adalah:

  1. Mahasiswa Kimia UIN kurang pede, tidak punya visi, dan takut bermimpi…!!
  2. Mahasiswa Kimia UIN latah dalam byk hal, terutama dalam berorganisasi.., ikut-ikutan menjadi manusia sok idealis, lebay dengan cita-cita yang bukan haknya.
  3. .., kesalahan kedua menjadikan mahasiswa Kimia UIN lalai dari tugas utamanya, tugas yang semestinya ia kerjakan. Tidak hanya lalai, bahkan ketinggalan, dan tidak gaul dengan komunitasnya
  4. .., lagi-lagi kesalahan kedua menjadikan mahasiwa Kimia UIN salah stategi, terjebak oleh doktrin mahasiswa yang keliru, bahkan bangga dengan kekeliruannya..., lalu menyalahkan dan tidak pengertian.
  5. harus diakui.., mahasiswa kimia UIN tidak beruntung pada beberapa hal...
  6. … tapi kenapa ketidakberuntungan itu dijadikan alasan untuk tetap seperti ini. Bukankah dibalik ketidakberuntungan, Allah pasti telah membekali kita kelebihan untuk mengatasinya.

Enam point tersebut akan saya bahas dalam enam seri tulisan. Insya Allah….

...bersambung
Blog, Updated at: 3:14 AM

0 komentar:

Post a Comment

close