MAHASISWA KIMIA MEMILIH SEBELUM PEMILWA (Kedewasaan Berpolitik)

Posted By Darlin on Mar 18, 2012 | 11:41 PM

Dua kali selama tiga kali PEMILWA, calon ketua BEMJ Kimia UIN Sunan Kalijaga adalah calon tunggal. Meski bagi sebagian orang, munculnya calon tunggal dapat dianggap sebagai celaan karena merupakan indikasi bahwa mahasiswa kimia adalah mahasiswa yang pasif, kaku dan phobia berpolitik, tidak peduli serta kurang peka pada kehidupan dan dinamika organisasi kampus. Tapi bagi saya, justru sebaliknya, calon tunggal mahasiswa kimia adalah bukti kecerdasan berpikir, kedewasaan bersikap, dan keefektifan bertindak.

Kecerdasan yang saya maksud adalah cerdas memahami esensi PEMILWA dan politik kampus, yakni hanya sebagai alat bukan sebagai tujuan yang harus disikapi dengan euforia dan fanatisme berlebih-lebihan. Kedewasaan yang saya maksud adalah dewasa bersikap sehingga tidak diperalat kepentingan-kepentingan tertentu oleh pihak-pihak tertentu. Dan keefektifan yang saya maksud adalah efektif menempatkan orang yang tepat pada posisi yang tepat.

Pilihan ini muncul karena:
1.       Mahasiswa kimia membagi tugas dan dengan bijak, yakni menempatkan mahasiswa sesuai dengan kelebihan dan fleksibilitas (ketersempatan) masing-masing. Setiap mahasiswa harus mendapatkan “jatah eksis” agar bisa berbuat untuk prodi. Ada mahasiswa yang mengurus pemerintahan (BEM-J), ada yang giat melakukan penelitian, fokus olimpiade sains, rajin menulis di media, latihan olahraga, aktif di SPBA, FKIST, ESC, atau kegiatan-kegiatan bermanfaat lainnya. Tentu tidak bijak jika semua bidang  untuk “eksis” tersebut dipegang oleh mahasiswa “itu-itu lagi”.
2.       Mahasiswa kimia memaksimalkan kegiatan belajar, yakni setiap mahasiswa kimia memiliki kelebihannya masing-masing dan berusaha mengembangkannya dengan maksimal. Cara yang mereka lakukan adalah fokus menekuninya, misal mahasiswa yang cerdas berusaha fokus belajar sehingga bisa eksis di olimpiade sains. Mahasiswa yang kreatif dan inovanif berusaha fokus mencari ide peneltian sehingga bisa eksis di lomba penelitian. Mahasiswa yang pintar menulis berusaha menulis dan publikasi di media umum, misal menulis cerpen kimia yang bisa dikompilasi jadi buku. Mahasiswa yang jago seni dan olahraga berusaha fokus latihan sehingga bisa eksis di PIONIR dan ajang lainnya. Demikian halnya, mahasiswa yang fleksibel dan terampil mengurus organisasi berusaha fokus berorganisasi mengambil manfaat darinya sehingga bisa eksis di hubungan antar mahasiswa. Manajemen semacam ini memudahkan mahasisawa kimia meraih suksesnya masing-masing.
3.       Dari kita, oleh kita, untuk kita, yakni mahasiswa kimia netral dan tidak memiliki kepentingan untuk kelompok tertentu pada PEMILWA. Artinya, mahasiswa kimia memilih tidak berdasarkan partai pengusung sang calon tapi berdasarkan dedikasi yang diharapkan dari sang calon. Dengan demikian sang calon bukan milik partai pengusung, tapi milik mahasiswa kimia. Ini mengharuskan program dan kegiatan yang dirumuskan nantinya didedikasikan hanya untuk mahasiswa kimia.
4.       Mahasiswa efektif bertindak, yakni mendahulukan musyawarah untuk mufakat sebagai budaya luhur bangsa Indonesia.  Dengan demikian, calon tunggal ketua BEMJ Kimia pada PEMILWA ini adalah aklamasi mahasiswa Kimia.
5.       Cerminan kekompakan yang solid dan indikasi telah dan akan terjadi perubahan besar pada mahasiswa kimia yang dinantikan.
6.       dll…

Terkait dengan hal tersebut, saya berharap semua mahasiswa kimia yang memiliki hak pilih datang untuk “memilih” calon tunggal tersebut pada PEMILWA besok. Partisipasi kalian menjadi: (1) bukti dan alibi bahwa mahasiswa kimia memiliki sikap dan tidak pasif (2) kebanggaan tersendiri di hadapan Komisi Pemilihan bahwa mahasiswa kimia sangat taat politik (3) motivasi tersendiri bagi sang calon sehingga lebih semangat dan bertanggungjawab menjalankan tugasnya kelak.



=========================================



    • MaiGy AdhiEta amiiin... mg terwujud

    • Shaheer Zawani Rusydi ssetuju banget..
      semuga ketua bem terpilih, memiliki jiwa pemimpin yang mngayomi semua keluarga kimia uin. menjadi penghubung yang baik antara dosen dan mahasiswa. dan tentunya mampu berprestasi.

    • Alfi Iskandar amien... Aklamasi ini semoga menjadi tanda yang baik... dan tidak ada PSSI tandingan yang terbentuk Kelak... hidup Nurdin Halid...

    • Ayu Nala Emh amin amin..
      mz alfi: jan ra jelas

    • Guliston Abdillah amin.. aq sangat mendukung... bersatu membangun cinta....

    • Imam Samsudin
      ß= ....
      C≡C─C≡....
      ⌂ = ....
      Cº =....
      t½ =....
      ... ♂=....
      ▬↑▬↑→
      ƒdt ....
      ↓↑_ ↓↑_↓↑__ sp....
      ε ..

    • Anismisme Al Hidayah
      iya mas sudarlin saya juga sangat merespons dari pernyataan anda..... saya secara pribadi mengucapkan terima kasieh telah menuliskan suatu pesan yang intinya mengenai penjelasan tentang pemilwa ini..... saya berharap begitu juga.... apalah ...artinya saya jika semua pihak yang terkait tidak mengharapkan aku..... artinya disini ada suatu keterpaksaan seseorang dalam memilih saya untuk di percaya duduk dalam memegang pemerintahan kimia karena saya sebagai calon tunggal, sementara saya tidak ingin orang yang memilih saya karena ada suatu unsur keterpaksaan atau intervensi....saya mempunyai berpegang teguh bahwa sesuatu jabatan itu tidak untuk di kejar tetapi suatu jabatan itu adalah mandat. Saya harap sahabat-sahabat kimia jika benar-benar mendukung dan memilih saya, maka saya mengharapkan dukungan itu tidak hanya sebatas sampai pemilwa, tetapi sampai sahabat-sahabat itu masieh duduk di bangku kuliah, amien.......percuma sahabat-sahabat mendukung aku sampai pemilwa..... karena tanpa dukungan dari sahabat-sahabat, kimia ini tidak akan pernah maju......tolong camkan itu.....ayo kita bareng-bareng membangun kimia karena ini adalah tanggung jawab kita bersama, GAWE BERSAMA...... perbedaan itu tidak untuk di samakan tetapi intuk di satukan..... seperti Emas dengan kalium.... tidak mungkin kita menyamakan antara emas (Au) dengan kalium tetapi kita dapat menyatukan kedua unsur tersebut menjadi Sistem Periodik Unsur.... Kita boleh mempunyai perbedaan pendapat, tetapi jangan jadikan perbedaan itu adalah suatu perceraian tetapi jadikanlah suatu kesatuan.... terima kasieh.......

    • Sudarlin Laoddang ini adalah bentuk aklamasi, satu suara untuk mas Anis,
      kami semua pasti akan dan bisa saling bantu untuk kimia..
      kami dukung mas Anis...^^


    • Qiqi Saiank Bunda Smngaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaatttt

    • Anismisme Al Hidayah terima kasih mas sudarlin dan mbak qiqiqiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii...............
Blog, Updated at: 11:41 PM

0 komentar:

Post a Comment

close