Jangan semester 1, please !!

Posted By Darlin on Jan 16, 2015 | 11:06 PM

Lihat pengumuman pengurus HIMA beberapa hari kemarin. Ada yang membuat saya kaget. Beberapa nama yang tertulis di sana ternyata masih semester 1. Ini mengagetkan saya, karena menurut saya, seharusnya mereka sebagai mahasiswa semester 1, belum saatnya menjadi pengurus HIMA.

Alasannya:
1
HIMA adalah organisasi yang bertugas "melayani", yakni melayani pengembangan akademik dan skill mahasiswa. Tugas ini diwujudkan melalui berbagai program yang bermanfaat, misal study club, riset, kunjungan industri, makrab, dll.

Dalam hal "melayani", harusnya sebagai mahasiswa baru, mereka lebih layak "dilayani" oleh kakak-kakaknya, bukan mereka yang melayani kakak-kakaknya atau mereka yang melayani diri mereka sendiri. Jadi harusnya yang jadi pengurus HIMA adalah kakak-kakaknya, bukan adik-adik semester 1.

2
Untuk "melayani", mereka harus tahu kondisi dan kebutuhan mahasiswa. Selain itu, mereka juga harus tahu prosedur birokrasi dan keuangan kampus. Ini penting, agar mereka bisa tepat dalam menyusun program yang real dan bermanfaat.

Jika tidak seperti itu, mereka tidak punya bekal. Sehingga dikhawatirkan program mereka hanyalah copy paste dari pengurus sebelumnya.

3
Sebagai mahasiswa baru, mereka mungkin masih "kaget" dengan rutinitas kampus. Kuliah dari pagi hingga sore, ditambah lagi laporan dan tugas yang selalu deadline. Ini berat bagi mereka. Apalagi sebagian besar mereka kuliah di kampus ini karena terpaksa.

Jadi, beri mereka kesempatan untuk menyesuaikan diri terlebih dahulu. Biarkan mereka belajar membagi waktu dengan tugas dan laporan. Nanti, jika sudah terbiasa, mereka akan terampil membagi waktu. Sehingga dengan sendirinya mereka bisa menyisipkan berbagai kegiatan dalam waktu mereka.

‪4
Sebagai mahasiswa baru, biarkan mereka mengeksplorasi semua jenis aktivitas di kampus ini. Biarkan hingga mereka menemukan sesuatu yang benar-benar bermanfaat buat mereka.

Mungkin mereka cocok jadi aktivis HIMA, UKM, atau study club. Tp mungkin juga mereka lebih cocok jadi study oriented saja.

Karena masih di awal, jangan "jebak" mereka dengan kesibukan HIMA yang kelak membuat mereka tidak punya waktu lagi atau malas mencoba yang lain, misal mencoba UKM atau study club fakultas.

Maksud saya, jangan sampai karena terlanjur jadi pengurus HIMA, akhirnya mereka terbebani oleh waktu dan tidak berani lagi bergabung dengan UKM atau study club fakultas. Padahal, mungkin mereka punya potensi besar di UKM dan study club itu.

Bukan maksud mengabaikan HIMA. Tapi adik-adik kita, tentu punya kecenderungan masing-masing. Jangan sampai karena terjebak, kecenderungan mereka terabaikan.

‪5
Tentu kita berharap, adik-adik kita tidak hanya eksis di HIMA atau UKM tapi juga unggul di akademik. Tapi ini berat. Sangat tidak mudah.

Jadi beri mereka kesempatan untuk mempelajari keadaan, lalu mengatur strategi agar bisa maksimal semuanya. Jangan sesaki mereka di awal, saat mereka belum punya strategi.

Jangan sampai karena terlalu sesak, akademik mereka terbengkalai. Lalu tertinggal jauh oleh temannya dan akhirnya HIMA dan aktivitas organisasi lah yang jadi pelarian.

6‬
Jika boleh menyarankan, saya lebih setuju pengurus HIMA berasal dari semester 5, 6, 7, atau 8. Selain punya pengalaman, semester ini sebenarnya lebih longgar dan kompromis.

Berbeda dengan semester 1, 2, 3, dan 4. Ini adalah masa penguatan basic bagi seorang kimiawan. Hampir semua mata kuliah inti ada di semester ini. Artinya, jika kalian memaksimalkan semester 1, 2, 3, dan 4, kalian akan punya basic kimia yang bagus. Dengan basic itu, kalian bisa lebih mudah menjalani semester 5, 6, 7, dan 8.

Yang kalian pelajari pada semester 5, 6, 7, dan 8 kebanyakan adalah terapan dari basic yang telah kalian peroleh pada semester sebelumnya. Jadi, kalian bisa belajar secara otodidak, tanpa harus banyak melibatkan dosen. Kalian bisa mengatur waktu kalian, lebih bebas.

Jangan kalian balik, sibuk organisasi di semester 1, 2, 3, dan 4. Baru setelah itu ingin fokus kuliah di semester 5, 6, 7, dan 8. Ini salah, karena tidak akan ada yang maksimal, bahkan merepotkan diri kalian dan orang lain.

‪7
dan mungkin banyak alasan yang lain, tapi ini sudah cukup banyak untuk dijadikan pertimbangan.

****

Saya tulis ini, hanya sekedar nasehat untuk dijadikan pertimbangan. Saya hanya ingin adik-adik kita bisa lebih baik, sama seperti kalian dan untuk kalian agar juga lebih baik. Perjalanan 10 tahun prodi ini, seharusnya memberi kita banyak pengalaman, bagaimana seharusnya.
Blog, Updated at: 11:06 PM

0 komentar:

Post a Comment

close