Mar 3, 2016

Teknologi Baru agar Es Krim Tak Mudah Leleh

Sekelompok peneliti mengklaim berhasil menemukan solusi agar es krim tidak cepat meleleh, yaitu sebuah protein yang disebut BsIA (Bacterial Surface Layer A). Protein tersebut sudah ditemukan pada makanan lain semisal makanan Jepang yang berupa fermentasi kedelai yang disebut Natto. Ketika bakteri Bacillus Subtilis berkembang pada koloni yang disebut biofilm, koloni tersebut memlindungi diri dengan membentuk lapisan mantel BsIA.

Cait MacPhee dari Univeristy Of Edinburgh yang memimpin riset potensi pemanfaatan protein, mendapati bahwa sifat fisik lapisan mantel bakteri tersebut sangat cocok diterapkan pada es krim. Menurut pengamatannya, protein tersebut sanggup melapisi gelembung-gelumbung udara dan tetesan minyak sebagaimana melapisi koloni bakteri. Protein ini juga mampu melapisi permukaan keras.

Menurut MacPhee pada Washington Post, kombinasi campuran minyak dan air (atau sirup) ditambah gelembung udara dan kristal es (zat padat) bisa digunakan untuk membentuk es krim, lalu ditambah lagi dengan protein BsIA sehingga mampu melapisi dan melindungi tiga komponen utama es krim dan menjaga campuran es krim tetap stabil.

Tidak hanya menjaga es krim lebih stabil agar tak mudah meleleh, selain itu, protein tersebut juga menjaga agar kristal es tidak mudah terbentuk pada es krim. Dengan begitu tekstur es krim akan terjaga tetap bagus dan lembut ketika di dalam freezer. Tidak mengeras dan mengkristal sebagaimana umumnya.

MacPhee dan timnya telah mempublikasikan dua paper tentang bagaimana protein bekerja. Salah satunya fokus pada sifat biologi dan lainnya tentang sifat fisika. Dia mengaku bahwa mereka telah berhasil menguji aplikasi protein tersebut pada es krim di laboratorium. Selama menunggu paten, tim tersebut terus melakukan penelitian dan mengumpulkan data-data riset.

Jika penemuan tersebut berhasil, MacPhee dan timnya yakin bahwa itu dapat meningkatkan kualitas proses rantai distribusi es krim. Akan membutuhkan energi lebih hemat dalam produksinya karena tidak perlu dibuat sangat dingin, dan lebih hemat energi ketika proses transportasinya. Ketika sampai ke tangan konsumen, secara teori es krim tersebut masih lembut dan creamy dibanding sebelumnya yang cenderung keras dan kaku karena proses pendinginan yang lama. Tentu saja kita bisa menikmatinya lebih lama dan lebih santai apalagi di tengah cuaca panas tanpa harus khawatir lengket akibat lelehannya.

Kita tunggu saja teknologi ini diaplikasikan pada industri es krim dan sejauh apa tingkat keberhasilannya.

Copy paste: jakalpost.com/teknologi-baru-agar-es-krim-tak-mudah-leleh/
2

2 comments:

  1. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    ReplyDelete