Mar 20, 2017

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis untuk Skripsi, Tesis, Laporan, dan Makalah

Salah satu komponen wajib yang harus ada pada sebuah buku, skripsi, jurnal, ataupun makalah adalah daftar isi. Sayangnya, banyak orang yang belum mengetahui cara membuat daftar isi secara otomatis di Microsoft Word sehingga mereka banyak membuang waktu untuk membuatnya secara manual.

Tulisan ini membantu anda mengetahui cara membuat daftar isi di Microsoft Word secara otomatis. Secara garis besar cara membuatnya hanya membutuhkan dua langkah. Langkah yang pertama adalah menentukan judul dan subjudul mana yang akan dimasukkan ke dalam daftar isi. Yang kedua, perintahkan Word untuk membuat daftar isi berdasarkan judul dan subjudul tersebut.

Menentukan Judul dan Subjudul
Untuk membuat daftar isi, pertama-tama Anda harus menentukan terlebih dahulu mana judul dan subjudul dari tulisan Anda. Caranya, blok teks yang menjadi judul tersebut kemudian aplikasikan style Heading 1.
Cara paling mudah membuat judul dengan style Heading 1 adalah sebagai berikut:
  • Pada Word 2003 dan sebelumnya: klik Style box pada menu Formatting kemudian pilih Heading 1
  • Pada Word 2007, 2010, dan 2013: klik Heading 1 pada grup style di menu Home.
Aplikasikan Heading 1 untuk judul utama dari setiap bab. Untuk subjudul gunakan Heading 2, Heading 3, dan selanjutnya. Jika Anda tidak menyukai warna, ukuran, atau jenis font dari berbagai Heading tersebut Anda dapat mengubahnya dengan mengklik menu “Modify” pada setiap Heading tersebut.

Membuat Daftar Isi
Setelah menentukan judul dan subjudul yang ingin dimasukkan ke dalam daftar isi, maka kini saatnya kita membuat daftar isi tersebut. Terdapat beberapa perbedaan cara membuatnya pada Microsoft Word 2003 ke bawah dan Word 2007 ke atas.

Berikut adalah cara membuat daftar isi untuk Word 2003 dan sebelumnya:
  1. Klik pada tempat kosong di mana Anda ingin meletakkan daftar isi.
  2. Tampilkan jendela Table of Contents dengan cara buka Insert > Index and Tables (Word 2000) atau buka Insert > Reference > Index and Tables (Word 2002 dan 2003).
  3. Klik pada tab Table of Contents kemudian klik OK.
Sedangkan untuk Microsoft Word 2007, 2010, dan 2013, Anda harus mengikuti langkah-langkah berikut ini:
  1. Buka References > Table of Contents
  2. Pilih opsi pertama dan kedua yang ada di dalam menu tersebut. Kedua opsi tersebut akan membuat sebuah daftar isi secara otomatis berdasarkan judul dan subjudul yang telah Anda buat sebelumnya.
  3. Jika Anda ingin membuat daftar isi secara manual, maka silahkan pilih opsi nomor 3. Opsi ini sangat tidak disarankan karena akan memakan banyak waktu dan pekerjaan kita sebelumnya ketika menentukan judul dan subjudul akan sia-sia.
  4. Selain dua pilihan tersebut, Anda juga dapat memilih opsi “Custom Table of Contents” di bawahnya untuk membuat daftar isi sesuai dengan keinginan Anda.
Setelah melakukan langkah-langkah di atas, maka kini sebuah tabel daftar isi akan muncul di dokumen Anda. Daftar isi tersebut akan menampilkan judul dan subjudul yang telah Anda tentukan sebelumnya. Jika kurang puas dengan tampilan dan bentuknya, Anda dapat merubahnya dengan mengikuti tutorial selanjutnya.

Merubah Tampilan Daftar Isi
Jika Anda kurang menyukai tampilan judul dan subjudul pada daftar isi seperti jenis hurufnya, ukurannya, warnanya, jaraknya, dan lainnya, maka Anda dapat merubahnya dengan cara memodifikasi Heading seperti yang dibahas di bagian pertama.

Ingat, jangan menggunakan opsi Format > Paragraph atau Format > Font karena akan merusak susunannya. Selain itu, jangan lakukan pula perubahan secara manual untuk merubah bentuknya. Pastikan Anda selalu melakukan perubahan pada Header agar tampilannya tetap konsisten.

Selain merubah tampilan judul dan subjudul, Anda juga bisa merubah tampilan dari daftar isinya sendiri. Pertama-tama, bukalah jendela pengaturan Table of Contents dengan cara berikut ini:

  • Word 2000: klik daftar isi tersebut kemudian buka Insert > Table of Contents.
  • Word 2002 dan 2003: klik daftar isi tersebut lalu buka Insert > References > Table of Contents.
  • Word 2007 ke atas: klik daftar isi kemudian buka References > Table of Contents > Insert Table of Contents.

Setelah jendela pengaturannya terbuka, Anda dapat mengubah beberapa elemen dari daftar isi tersebut. Yang pertama adalah merubah tingkatan judul. Secara default, Word akan menampilkan tiga tingkatan judul dan subjudul di daftar isi. Anda dapat menambah atau menguranginya sesuai dengan tingkatan judul pada dokumen yang Anda tulis.

Opsi yang selanjutnya adalah merubah style atau gaya dari daftar isi tersebut. Secara default terdapat 2 pilihan style yang dapat Anda gunakan. Namun Anda juga dapat membuat style yang lain atau mengunduhnya melalui situs Microsoft Office.

Tips dan Trik Lainnya
Setelah mengikuti tutorial cara membuat daftar isi di atas, Anda kini tentunya sudah bisa membuat daftar isi yang baik dan benar. Kini saya akan menambahkan beberapa tips dan trik agar Anda dapat membuatnya menjadi lebih sempurna lagi.
•    Update Daftar Isi
Daftar isi tidak akan melakukan update otomatis ketika Anda menambahkan judul atau subjudul baru. Oleh karena itu Anda harus mengupdate-nya secara manual dengan cara menaruh kursor di daftar isi kemudian tekan F9. Anda juga dapat memperbaharui daftar isi tersebut dengan membuka References > Update Table. Pastikan untuk selalu memilih opsi “Update entire table”.

•    Tonton video latihan dari Microsoft
Jika Anda masih menggunakan Word 2003, Microsoft menyediakan sebuah video tutorial untuk membuat daftar isi secara otomatis. Dikutip dari shaunkelly.com, video ini terdiri dari dua bagian dan sangat mudah untuk diikuti. Silahkan tonton video bagian pertama di sini dan bagian kedua di sini.

•    Bedakan dengan teks lainnya
Daftar isi yang telah kita buat akan dianggap sebagai field dan bukan sebagai teks biasa. Nah untuk membedakannya Anda dapat membuat field tersebut menjadi berwarna abu-abu. Warna abu-abu tersebut tidak akan tercetak jika Anda mencetak dokumen tersebut melalui printer. Berikut caranya:
  1. Word 2003 dan sebelumnya: buka Tools > Options > View, kemudian rubah opsi Field Shading menjadi “Always”.
  2. Word 2007: buka logo Office, pilih Word Options > Advanced, setelah itu pada bagian ‘Show document content’ rubah Field Shading menjadi “Always”.
  3. Word 2010 ke atas: buka File > Options > Advanced, lalu pada bagian ‘Show document content’ rubah Field Shading menjadi “Always”.
Itulah langkah-langkah mudah untuk membuat tabel daftar isi secara otomatis dengan aplikasi Microsoft Word. Dengan mengikuti cara membuat daftar isi ini, Anda kini tidak perlu lagi membuang-buang waktu untuk menulis daftar isi secara manual, terlebih apabila Anda memiliki dokumen yang panjang.

Mau lebih lengkap, lihat videonya ya..

0

0 komentar:

Post a Comment