Mar 22, 2017

Cara Menggunakan Mendeley

  1. Registrasi Akun Mendeley
    1. Buka situs web http://www.mendeley.com/
    2. Cari dan klik tombol Create a free account.
    1. Masukkan First name, Last name, E-mail, dan Password yang diinginkan lalu klik tombol Get started.

    1. Lalu pilih bidang studi dan status akademis, dan klik Finish:
    1. Secara otomatis akan muncul tampilan di bawah ini, kemudian klik Save File:
    1. Tahap pendaftaran selesai, Anda akan dikirimkan email dari Mendeley ke alamat email yang Anda daftarkan tadi.
    2. Masuk ke email yang Anda daftarkan, buka email dari Mendeley dengan subject Please confirm your e-mail address:

    1. Klik Verify E-mail Address untuk menjalankan proses verifikasi email Anda.
    1. Tahap registrasi selesai.

  1. Download dan Install Aplikasi Mendeley Desktop
    1. Setelah melakukan Save File (tahap kelima pada registrasi akun), buka file yang telah disave:
    1. Ikuti proses instalasi.

    2. Setelah aplikasi Mendeley Desktop terinstall, jalankan aplikasi tersebut dengan mengeklik icon Mendeley di Desktop Anda.
    1. Saat pertama kali aplikasi dijalankan, aplikasi akan meminta credential account Mendeley Anda. Masukkan alamat email dan password account Mendeley yang sudah Anda daftarkan sebelumnya.
    1. Proses instalasi selesai, aplikasi siap digunakan!

  1. Install Plugin Word
Setelah meng-install Mendeley Desktip, tahapan selanjutnya sebelum mengelola referensi di word adalah meng-install plugin word dengan cara:
  1. Setelah Mendeley Desktop selesai diinstall, jalankan program dengan cara melakukan klik dua kali pada icon Mendeley Desktop.

  1. Masuk ke menu Tools ,lalu pilih Install MS Word Plugin

  1. Mendeley sudah ter-install pada MS Word anda!
  1. Tampilan Mendeley pada MS Word (menu References) anda:

  1. Membuat Referensi dan Daftar Pustaka
  1. Masukan seluruh referensi jurnal yang ada satu-persatu, dengan menyeret file dari foldernya dan menaruhnya di halaman Mendeley:
  1. Lengkapi data jurnal dengan mengisi kolom Authors, Journal, Year, Volume, Issue, Pages, Abstract, Tags, Author Keywords, dan URL (sesuai dengan data yang ada):

  1. Untuk membuat sumber kutipan, buka file jurnal yang sedang Anda buat (format word). Lalu klik References, dan pilih Insert Citation (tahap 1), kemudian muncul pilihan (tahap 2). Lalu ketik pada kolom “Search by author, title or year in My Library” referensi yang anda gunakan pada kutipan tersebut. Klik OK!
  1. Anda bisa mengubah gaya penulisan kutipan, klik kolom Style pada References:
  1. Untuk membuat daftar pustaka, klik Insert Bibliography pada References:

    DOWNLOAD VERSI PDFNYA DI SINI
    DOWNLOAD VERSI VIDEONYA DI SINI
0

0 komentar:

Post a Comment