Jan 16, 2015

Copy Paste, bisa ketahuan

Cara 1
Perhatikan gambar sebelah kiri. Gambar tersebut adalah riwayat file tugas seorang mahasiswa. Sebenarnya tugasnya lumayang panjang. Jika dikerjakan sendiri tanpa copy paste, mestinya butuh waktu minimal satu jam.

Tapi dalam riwayat itu, tercatat hanya 19 menit (11.36-11.55). Artinya, mahasiswa tersebut mengerjakan tugas dengan cara copy paste, sedikit editan, lalu disave. Waktu 19 menit cukup untuk itu.

Bahkan ada mahasiswa yang lebih parah. File yang digunakan sama, hanya ganti nama, sedikit editan, lalu disave. Ini bisa ketahuan dari kesamaan Authors dan Content Created.

Cara 2
Cara ini lumayan rumit. Perhatikan gambar sebelah kanan. Jika familiar dengan gambar itu, pasti kenal kalo itu adalah fitur undo dan redo kebanyakan software.

Perhatikan listnya ke bawah, semua action yang dilakukan dapat terekam. Sayangnya, jika file ditutup, list itu otomatis akan terhapus. Sehingga saat dibuka lagi, list itu sudah kosong.

Tapi itu bukan masalah. Logika data komputer, semua yang pernah tertulis bisa dimunculkan lagi. Maka dengan itu, cara file tersebut dikerjakan dapat diketahui.

hehehe..., kamu ketahuan :p


4

4 comments:

  1. cara kedua itu klo file udah ditutup masih bisa dicek gk ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Logika data komputer, semua yang pernah tertulis bisa dimunculkan lagi

      Delete
  2. Agar tidak ketauan di dragnya gimana ya gan? Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Logika data komputer, semua yang pernah tertulis bisa dimunculkan lagi

      Delete