Mar 18, 2012

F2 tidak polar?

A: aq mw nanya, boleh ya?
B: boleh, tanya aja..^^
A: gini.., salah satu yg menyebabkan kepolaran senyawa itu kan kalo ada atom yg keelektronegatifanny tinggi..., nah atom F itukan atom yg keelektronegatifanny paling tinggi..., pertanyaan aq, menurutmu F2 itu senyawa polar atw bukan?...

B: hmm.., sebelum aq jawab, pertanyaanmu aq koreksi dulu ya?
A: loh, kenapa!?
B: kepolaran itu bukan pada senyawa tp pada molekul!
A: owh iya ya..., yowes, gmn polar apa gak?

B: hmm.., bisa polar, bisa gak!
A: loh kok bisa!?
B: bisa donk!, lah emang menurut kamu gmn?
A: menurut aq sih non polar..

B: karena..?
A: gini..., itu kan bentuknya simetris, sebesar apapun keelektronegatifanny momen dipolny tetap nol, so dia non polar!
B: yakin..?
A: iya lah...!!

B: aq bisa buktiin loh, kalo momen dipolny tdk selalu nol!
A: hah..!!, pake teori apa?
B: gini..., kamu dah tahukan kalo elektron dalam suatu partikel tdk diam, tp selalu bergerak?
A: iya aq tw, setidakny pd orbital tertentu kan?

B: yupz.., dan ternyata gerakan elektron bisa merubah momen dipol suatu molekul meski sangat kecil.., misal untuk pertanyaan kamu tadi, molekul F2..., pada saat tertentu, 9 elektron F sini seimbang dgn 9 elektron F sini, so momen dipolnya = 0. Cuma......, sesaat setelah itu, elektron-elektronnya kan tdk langsung diam, tp masih bergerak?
A: iya...
B: apa yg terjadi setelah itu..?, muatan elektronny tdk seimbang lg kan, so?
A: momen dipolnya tdk lg nol...,

A: iya ya, kamu kok cerdas sih...^^
B: iya donk, he...^^
A: tp kan cuma dikit yg berubah...
B: iya sih..., F2 tetap kita katakan non polar, cuma dgn catatan itu...
A: Ok..
0

0 komentar:

Post a Comment