Kuliah di Kampus ini krn terpaksa? (#1)

Posted By Darlin on Apr 17, 2014 | 6:26 PM

Kalo kamu masih semester 2,...

█ Ini semester terakhir bagimu untuk memutuskan..., apakah kampus dan jurusan ini adalah yang terbaik untukmu atau bukan. Kalo menurutmu kampus dan jurusan ini bukan yg terbaik untukmu.., maka sudahlah, kamu keluar saja !! Cari kampus lain yang menurutmu lebih baik !! Naif rasanya, membiarkan dirimu di sini, hanya karena kamu terpaksa, dan kamu sendiri tidak yakin.

█ toh, kamu masih muda, kenapa harus terpaksa di sini? Bukankah sebelum ke sini, kamu pernah mencoba di kampus lain. Kampus yg dulu kamu idam-idamkan..., kampus yg meyakinkan dirimu!! .....

█ Gagal sekali itu biasa. Banyak kok orang yg gagal di pertama, tapi setelah mencoba yg kedua akhirnya berhasil.

█ Jangan bilang karena kampus ini murah atau karena saingan di kelas-mu cuma seujung kuku..., trus kamu jadi adem disini??

█ Hidup itu harus ada perencanaan. Gagal satu langkah, bukan berarti rencana hidupmu harus diubah. Apalagi diubah ke sesuatu yg tidak jelas. Ngalir tp tidak yakin, pasrah tapi ragu.

█ Kalo menurutmu, kampus dan jurusan ini tidak meyakinkan untuk mewujudkan rencana hidupmu. Ya sudah.., keluar saja, toh baru 2 semester !

█ Kami di sini, gak bakal sedih kok, cuma gara-gara kamu keluar. Justru kami sedih kalo kamu tetap disini, tapi gak jelas arah dan motivasimu.

█ Sebenarnya sih, kamu bisa saja sukses jadi kimiawan meski kamu terpaksa kuliah di sini, tapi itu butuh usaha yang berat. Jauh lebih berat dari usaha yg dijalani mahasiswa kimia di kampus lain.

█ Wajar donk..., mereka di sana menjalaninnya dgn hati yang lapang, dosen yang berpengalaman, fasilitas yg memadai, jaringan yang luas, dan image kampus yang sudah hebat. Dan tentu juga, modal otak mereka yg lumayan.

█ Coba bandingkan dgn kamu di sini.., dijalani dgn hati yang masih ragu, dosen yang minim pengalaman, fasilitas yang seadanya, jaringan yang tidak seberapa, dan image kampus yang masih merangkak. Meski kamu cerdas.., tetap saja usaha yang kamu butuhkan lebih berat dari usaha mereka.

█ So, hal pertama yg harus kamu lakukan jika memang ingin tetap bertahan di sini adalah "melapangkan hati". Yakinkan dirimu dgn kampus ini. Buang semua keraguan yang membuatmu galau. Bayangan kampus idaman, buang dia jauh-jauh.... Ibarat pacar, robek semua suratnya, hapus nomor hapenya, block fesbuknya, hadiah-hadiah darinya jual aja ke toko bagus. Mulailah hidup dgn pacar barumu..., yakinlah dengannya, hanya dengannya kamu bisa raih bahagia. (btw, analogi pacar cuma buat mendramatisir ya, gue gak setuju ma pacaran :p).

█ Kalo hatimu dah yakin dan bayangan kampus idaman dah kehapus, mulailah menyusun rencana baru. Apa yang kelak ingin kamu lakukan setelah lulus dari kampus ini. Gelar sarjanamu ingin kamu apakan? Ingin buat kerjakah? Ingin buat melanjutkan pendidikan kah? Ingin buat meluaskan bisnis dan jaringan kah? Atau yang lainnya? Kalo ingin buat kerja, kerja apa yang kamu inginkan? Rencanakan semua dari sekarang !!

█ Kalo sudah lengkap, mulai lah cari teman yg mimpinya sama dengan mimpimu, dimana saja kamu bisa menemukannya. Jangan cuma di kampus ini, apalagi cuma teman sekelas. Itu masih terlalu rapuh. Cari ke kampus lain, gabung dgn komunitas mereka, datangi tempat mereka, perkenalkan diri, dan minta tolong sama mereka.

█ Saya yakin, dgn cara seperti itu, kamu bisa istiqomah meski menjalani kuliah ini dengan terpaksa. Dan bisa jadi, suatu saat kamu bisa menikmatinya.

█ Sama seperti kamu, saya dulu kuliah di sini, juga karena terpaksa..., bahkan jauh lebih terpaksa dari kamu (saya diterima di sini dengan syarat mau ditempatkan di jurusan kimia, haha....,). Jadi, saya tulis ini sekedar sharing pengalaman saja.

█ Saya hanya tidak ingin, kelak kamu menyesal kuliah di kampus dan jurusan ini. Mungkin di semester 1 dan 2 belum terasa. Tapi kelak di semester 3 atau 4, perasaan itu mulai muncul. Imbasnya, semangat belajarmu mulai terkikis. Kamu pasrah dan biarkan saja, apapun yg terjadi, asal kamu bisa lulus.

█ Jadi sebelum itu terjadi, kamu keluar saja! Pergi saja! Kejar mimpimu di kampus lain, di tempat lain !!

█ (Tapi kan, eman-eman dah jalan setahun?).., gpp, daripada eman-eman sepanjang tahun setelah kamu lulus dari sini?

█ Putuskan segera !!!, SNMPTN bentar lagi..., kecuali kamu ingin memaksa diri bersama kami di sini dgn usaha yang sangat berat.

█ Terserah kamu, pokoknya saya sudah mengingatkan !!!
Blog, Updated at: 6:26 PM

0 komentar:

Post a Comment

close